Waktu pelaporan kinerja publikasi ilmiah Periode 2021 Genap telah dibuka s.d 31 Agustus 2022

Pada dasarnya penelitian (riset) merupakan penyelidikan secara sistematik untuk menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah melalui penerapan metode ilmiah. Yang dimaksud dengan metode ilmiah adalah metode kerja ilmuwan yang merupakan suatu siklus proses berpikir secara induktif (dari observasi menuju teori) dan deduktif (dari teori menuju implikasi-implikasi logisnya).

Kemampuan menyusun proposal sangat penting untuk merencanakan dan mengusulkan suatu kegiatan atau proyek penelitian maupun pengabdian masyarakat. Secara umum ada aturan-aturan, baik yang bersifat metodologis maupun teknis dalam menyusun proposal. Aturan-aturan itu pada umumnya bersifat universal, meskipun untuk hal-hal tertentu yang bersifat teknis ada yang harus disesuaikan dengan kebutuhan lembaga-lembaga tertentu. Dalam kaitannya dengan riset dan pengmas di perguruan tinggi, penyusunan proposal penelitian adalah langkah awal seorang dosen untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian. Melihat begitu urgennya dalam menyusun proposal penelitian dan pengmas, maka pihak LP2M Universitas Ibrahimy bermaksud untuk melaksanakan seminar proposal penelitian dan pengabdian masyarakat tahun akademik 2019-2020.

Dengan adanya seminar proposal penelitian dan pengabdian dosen di lingkungan Universitas Ibrahimy ini, didapatkan riset-riset yang dapat membantu pengembangan keilmuan masyarakat, khususnya untuk pengembangan pesantren ke depan. Untuk itu, agenda kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2019 ini dapat dipersiapkan secara serius oleh dosen, LP2M dan juga reviewer agar terlaksana dengan baik serta didapatkan penilaian yang objektif agar kualitas riset di lingkungan Universitas terus meningkat dengan baik.

Related Post