Waktu penerimaan proposal hibah internal diperpanjang sampai dengan 17 November 2022

Sebelum mengakhiri studi, para mahasiswa-santri Universitas Ibrahimy difasilitasi untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata Tematik. Ada 3 zona KKN mahasiswa Universitas Ibrahimy di tahun ini, yaitu KKN Regular ditempatkan di kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, KKN Regional yang akan ditempatkan di Malang dan Madura, dan KKN Nasional yang ditempatkan di Provinsi Jambi.

Tiga zona lokasi KKN Tematik Universitas Ibrahimy memiliki 3 tema. Pertama bertema "Penggerak Berbasis Masjid" untuk KKN Regular dan Madura. Tema "Penggerak Berbasis Masjid" dapat dipahami bahwa mahasiswa-santri di dalam menjalani KKN mampu menggerakkan potensi-potensi Sumber Daya Manusia yang ada di lokasi KKN dengan menjadikan masjid sebagai pusat pengabdian. Dengan ini, mahasiswa-santri dapat memakmurkan masjid, mushalla, dan jam'iyah perkumpulan bapak-bapak dan ibu-ibu sekaligus melalui kultur dan budaya pesantren yang sudah terinternalisasi dalam jiwa masing-masing mahasiswa-santri, seperti syiar pembacaan rotibul haddad, qashidah munfarijah, burdah, syiir nasihat, dan sebagainya.

Selain hal itu, program kerja mahasiswa-santri juga mengakomodasi dua puluh lebih program studi yang dijalankan di Universitas Ibrahimy baik melalui pelatihan, pembelajaran klasikal, bimbel, pembiasaan, dan sebagainya di masyarakat sekitar posko KKN yang dijalankan oleh para mahasiswa-santri.

Tema kedua, "Integratif Berbasis Pesantren" untuk KKN Regional zona Malang. Integratif yang dimaksud adalah kegiatan KKN dipadukan dengan program magang sesuai program studi mahasiswa-santri yang menjadi peserta KKN-PPL ini. Selain ber-KKN di dalam Ma'had Nurul Haromain Pujon Malang, mereka juga menjalani Praktik Pengalamam Lapangan (PPL).

Tema ketiga, "Tamaddun Berkelanjutan" untuk KKN yang berlokasi di Suku Anak Dalam (SAD) Jambi. Para mahasiswa-santri terpilih melanjutkan perjuangan para pendahulunya di dalam berdakwah ala walisongo di pedalaman provinsi Jambi itu. KKN ini sudah berlangsung selama 3 periode. Bersama-sama masyarakat SAD, mereka menanamkan nilai - nilai religius bernuansa tradisi nusantara.

Melalui kegiatan KKN Tematik ini, bendera Universitas Ibrahimy dan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah selaku induk yayasannya berkibar dan tersy’iar ke berbagai penjuru nusantara secara perlahan. Dari pesantren dan universitas berbasis keilmuan pesantren untuk bangsa dan negara.

Related Post